BurgerLand

 

ANALISA SWOT

 

Apa itu analisa SWOT?

Analisa SWOT merupakan kegiatan menganalisis keadaan atau situasi sebuah perusahaan, yang terdiri dari Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats.

a.   Strength (kekuatan) : keunggulan yang hanya dimiliki oleh perusahaan tersebut, dapat berupa produk, atau bahkan strategi perusahaan.

b.  Weakness (kelemahan) : kelemahan perusahaan yang menghambat jalannya usaha, seperti minim fasilitas dan keterbatasan dana.

c.     Opportunities (peluang) : situasi yang menjadi peluang menguntungkan perusahaan.

d.     Threats (ancaman) : segala sesuatu yang mengancam perkembangan perusahaan.

Dari analisis keempat hal tersebut, nantinya perusahaan dapat membuat strategi untuk meminimalisir resiko dan membantu perusahaan mengembangkan usahanya. Strategi ini dapat disebut dengan Matriks SWOT, yaitu sebagai berikut.

a.    SO (Strength-Opportunity) : memanfaatkan kekuatan untuk mengubah peluang menjadi keuntungan.

b.  WO (Weakness-Opportunity) : meminimalisir kelemahan dengan memanfaatkan keuntungan dari peluang.

c.     ST (Strength-Threat) : kekuatan untuk menghindari ancaman.

d.     WT (Weakness-Threat) : meminimalisir kelemahan dan menghindari ancaman.

 

BurgerLand

BurgerLand merupakan kedai yang menyediakan berbagai varian unik hamburger, dengan signature menunya yaitu “Ramen Burger” dan “Pizza Burger”.



Analisis SWOT BurgerLand.

1.     Strength

  •        Menu yang unik dan jarang ditemukan.
  •        Disukai oleh hampir semua orang, terutama anak-anak.
  •        Harga relatif murah.

2.     Weakness

  •         Kurang memperhatikan gizi, karena lemak kalori yang terhitung tinggi.
  •         SDM masih sedikit.  

3.     Opportunity

  •        Jumlah peminat tinggi.
  •        Menu khasnya mengundang para influencer untuk mencoba dan me-review.

4.     Threat

  •        Mudah ditiru dan diikuti kompetitor.
  •        Jumlah kompetitor terus bertambah.
  •        Peminat hanya karena tren sesaat.

 

Setelah membuat Analisa SWOT, berikut adalah Matriks SWOT yang digunakan sebagai strategi usaha:


 

 S

 W

 

 

 O

SO

Terus berinovasi dalam varian burgernya agar semakin menarik perhatian peminat, terutama influencer.

WO

Membuat burger dengan bahan alami yang rendah kalori.

 

 

 T

ST

Membuat bumbu rahasia yang tidak dapat ditiru kompetitor, dan hanya dimiliki oleh BurgerLand.

WT

Menambah SDM dan membuat kedai cabang, serta meningkatkan kapasitas media pemasaran untuk mendapatkan target pasar yang lebih luas.

 

 

Komentar