BurgerLand
ANALISA SWOT
Apa itu analisa SWOT?
Analisa SWOT merupakan
kegiatan menganalisis keadaan atau situasi sebuah perusahaan, yang terdiri dari
Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats.
a. Strength (kekuatan) : keunggulan yang hanya
dimiliki oleh perusahaan tersebut, dapat berupa produk, atau bahkan strategi
perusahaan.
b. Weakness (kelemahan) : kelemahan perusahaan yang
menghambat jalannya usaha, seperti minim fasilitas dan keterbatasan dana.
c.
Opportunities (peluang) : situasi yang menjadi
peluang menguntungkan perusahaan.
d. Threats (ancaman) : segala sesuatu yang mengancam perkembangan perusahaan.
Dari
analisis keempat hal tersebut, nantinya perusahaan dapat membuat strategi untuk
meminimalisir resiko dan membantu perusahaan mengembangkan usahanya. Strategi
ini dapat disebut dengan Matriks SWOT, yaitu sebagai berikut.
a. SO
(Strength-Opportunity) : memanfaatkan kekuatan untuk mengubah peluang
menjadi keuntungan.
b. WO
(Weakness-Opportunity) : meminimalisir kelemahan dengan memanfaatkan
keuntungan dari peluang.
c.
ST
(Strength-Threat) : kekuatan untuk menghindari ancaman.
d.
WT
(Weakness-Threat) : meminimalisir kelemahan dan menghindari ancaman.
BurgerLand
BurgerLand merupakan kedai yang menyediakan berbagai varian unik hamburger, dengan signature menunya yaitu “Ramen Burger” dan “Pizza Burger”.
1.
Strength
- Menu
yang unik dan jarang ditemukan.
- Disukai oleh hampir semua orang, terutama anak-anak.
- Harga
relatif murah.
2.
Weakness
- Kurang
memperhatikan gizi, karena lemak kalori yang terhitung tinggi.
- SDM
masih sedikit.
3.
Opportunity
- Jumlah
peminat tinggi.
- Menu khasnya mengundang para influencer
untuk mencoba dan me-review.
4.
Threat
- Mudah
ditiru dan diikuti kompetitor.
- Jumlah
kompetitor terus bertambah.
- Peminat
hanya karena tren sesaat.
Setelah membuat Analisa SWOT,
berikut adalah Matriks SWOT yang digunakan sebagai strategi usaha:
|
|
|
O |
SO Terus berinovasi dalam varian burgernya agar semakin menarik perhatian peminat, terutama influencer. |
WO Membuat burger dengan bahan alami yang rendah kalori. |
|
ST Membuat bumbu rahasia yang tidak dapat ditiru kompetitor, dan hanya dimiliki oleh BurgerLand. |
WT Menambah SDM dan membuat kedai cabang, serta meningkatkan kapasitas media pemasaran untuk mendapatkan target pasar yang lebih luas. |
Komentar
Posting Komentar